Cara Membuat Origami Bunga Iris

Bunga Iris (Iris tectorum Max) adalah tumbuhan yang berasal dari Jepang. Biasa ditanam sebagai tumbuhan hias karena bunganya yang indah. Tumbuh baik terutama di daerah pegunungan. Herba dengan akar rimpang pendek. Daun bentuk lanset memanjang dengan ujung runcing panjang 25-40 cm, lebar 1,5-3 cm, warna hijau kebiruan. Tangkai karangan bunga 3-25 cm, seludang bunga bentuk lanset dengan panjang 5,5-8 cm, berbunga dua sampai banyak. Taju tenda bunga bulat telur terbalik dengan tepi keriting, yang terluar dengan pangkal yang ungu pucat atau bergaris ungu. Tiga yang terluar lebih pendek, ungu, berkuku dan sedikit berbentuk talang. Benang sari berhadapan dengan taju terluar, panjang 2,5 cm, kepala sari menempel pada cabang tangkai putik, tangkai putik pendek. Bakal buah berbentuk spul, persegi 3. Buah kotak memanjang.

Tutorial origami kali ini mengenai cara membuat origami bunga iris. Peralatan yang siapkan untuk membuat bentuk origami bunga iris adalah pensil, pengaris, dan 2 kertas origami. Langkah-langkah dalam membuat origami bunga iris nanti akan dibagi menjadi 2 bagian, bagian pertama untuk membuat bagian bunganya dan bagian kedua untuk membuat bagian daunnya.

Adapun cara dan langkah-langkah pengerjaan dalam membuat bentuk origami bagian bunga iris adalah sebagai berikut :


Adapun cara dan langkah-langkah pengerjaan dalam membuat bentuk origami bagian daun bunga iris adalah sebagai berikut :


Jika bagian bunga dan daun sudah jadi, maka gabungkan gambar seperti pada gambar di atas. Sekian tutorial membuat origami bunga iris dan lihat juga cara membuat origami berbagai bentuk lainnya di Tutorial Origami.

Source image by : Fumiaki Shingu

0 Response to "Cara Membuat Origami Bunga Iris"

Post a Comment