Cara Membuat Origami Bunga Matahari | Sunflower

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Perancis menyebutnya tournesol atau "pengelana Matahari". Namun, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.

Beberapa nama lain bunga matahari dari berbagai belahan dunia misalnya di Inggris orang menyebutnya sunflower, di Philipina dikenal dengan nama mirasol, di China disebut dengan xiang ri kui, sedangkan di Jepang bunga matahari disebut himawari atau koujitsuki. Tidak seperti di Indonesia, bunga matahari di negara-negara tersebut dibudidayakan secara komersil untuk diambil manfaatnya.

Tutorial origami kali ini mengenai cara membuat origami bunga matahari. Peralatan yang siapkan untuk membuat bentuk origami bunga matahari adalah pensil, pengaris, dan 3 kertas origami. Langkah-langkah dalam membuat origami bunga matahari nanti akan dibagi menjadi 3 bagian, bagian pertama untuk membuat bagian benihnya, bagian kedua untuk membuat bagian daunnya dan bagian ketiga untuk membuat bagian bunganya.

Adapun cara dan langkah-langkah pengerjaan dalam membuat bentuk origami bagian benih bunga matahari adalah sebagai berikut :


Adapun cara dan langkah-langkah pengerjaan dalam membuat bentuk origami bagian daun bunga matahari adalah sebagai berikut :


Adapun cara dan langkah-langkah pengerjaan dalam membuat bentuk origami bagian benih bunga matahari adalah sebagai berikut :


Jika bagian bunga, benih dan daun sudah jadi, maka gabungkan gambar seperti pada gambar no 12 di atas. Sekian tutorial membuat origami bunga matahari dan lihat juga cara membuat origami berbagai bentuk lainnya di Tutorial Origami.

Source image by : Fumiaki Shingu

0 Response to "Cara Membuat Origami Bunga Matahari | Sunflower"

Post a Comment