Cara Membuat Origami Bunga Sakura | Cherry

Bunga Sakura berasal dari kata "Saku" (bahasa Jepang yang artinya "mekar") ditambah dengan akhiran yang menyatakan bentuk jamak "ra". Dalam bahasa Inggris, bunga Sakura disebut cherry blossom.

Bunga Sakura merupakan bunga nasional negara Jepang yang mekar pada musim semi (awal April hingga akhir April). Bagi orang Jepang, bunga Sakura merupakan simbol pentingyang kerap diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, sehingga kita dapat menemukan lambang bunga Sakura di mana saja di Jepang, pada barang-barang konsumen seperti kimono, alat-alat tulis dan peralatan dapur. Bunga Sakura juga merupakan simbol untuk mengekspresikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan dan kegembiraan. Sakura juga menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal bagi masyarakat Jepang.

Pohon Sakura merupakan pohon yang tergolong dalam familia Rosaceae, genus Prunus yang sejenis dengan pohon plum, peach atau apricot, tetapi secara umum Sakura digolongkan dalam subgenus sakura.

Tutorial origami kali ini mengenai cara membuat origami bunga sakura. Peralatan yang siapkan untuk membuat bentuk origami bunga sakura adalah pensil, pengaris, dan 2 kertas origami. Langkah-langkah dalam membuat origami bunga sakura nanti akan dibagi menjadi 2 bagian, bagian pertama untuk membuat bagian bunganya dan bagian kedua untuk membuat bagian batangnya.

Adapun cara dan langkah-langkah pengerjaan dalam membuat bentuk origami bagian bunga sakura adalah sebagai berikut :


Adapun cara dan langkah-langkah pengerjaan dalam membuat bentuk origami bagian batang bunga sakura adalah sebagai berikut :


Jika bagian bunga dan batang sudah jadi, maka gabungkan gambar seperti pada gambar no 8 di atas. Sekian tutorial membuat origami bunga sakura dan lihat juga cara membuat origami berbagai bentuk lainnya di Tutorial Origami.

Source image by : Fumiaki Shingu

1 Response to "Cara Membuat Origami Bunga Sakura | Cherry"

  1. wahhh kereenn. sangat kreatif..
    terima kasih untuk infonya, kunjungi juga www.smartkiosku.com yaa

    ReplyDelete