Cara Membuat Origami Bunga Plum Korea

Bunga Plum menjadi daya pikat tersendiri di Korea, Bunga ini memiliki simbol kekuatan khususnya untuk masyarakat Korea yakni sahabat yang menyatu di musim dingin. Bunga plum,memiliki arti yang sama dengan anggrek, bambu dan bunga krisan, dijuluki sebagai tanaman bangsawan. Ini dikarenakan karakteristiknya yang mewakili sifat keningratan, seperti kemurnian (anggrek), kebenaran (bambu) dan kerendahan hati (krisan).

Tanaman Plum atau Prunus mume, berasal dari Tiongkok barat daya. Lebih dari 3.000 tahun pohon plum ditanam di tanah Tiongkok, termasuk Tiongkok Utara, dimana musim dinginnya lebih dingin. Dari Tiongkok, bunga plum menyebar ke Korea, Jepang (disebut ume), dan lain-lain, sebagai tanaman hias. Pohon plum akan berbunga sebelum mengeluarkan daunnya saat musim semi.

Tutorial origami kali ini mengenai cara membuat origami bunga plum. Peralatan yang siapkan untuk membuat bentuk origami bunga plum adalah pensil, pengaris, dan 2 kertas origami. Langkah-langkah dalam membuat origami bunga plum nanti akan dibagi menjadi 2 bagian, bagian pertama untuk membuat bagian bunganya dan bagian kedua untuk membuat bagian batangnya.

Adapun cara dan langkah-langkah pengerjaan dalam membuat bentuk origami bagian bunga sakura adalah sebagai berikut :


Adapun cara dan langkah-langkah pengerjaan dalam membuat bentuk origami bagian batang bunga plum adalah sebagai berikut :


Jika bagian bunga dan batang sudah jadi, maka gabungkan gambar seperti pada gambar no 10 di atas. Sekian tutorial membuat origami bunga plum dan lihat juga cara membuat origami berbagai bentuk lainnya di Tutorial Origami.

Source image by : Fumiaki Shingu

0 Response to "Cara Membuat Origami Bunga Plum Korea"

Post a Comment